Budidaya Ikan Toman Dalam Akuarium

Tahukan anda bagaimana langkah budidaya ikan toman dalam akuarium? Mungkin nama ikan jenis ini masih asing di telinga Anda. Masyarakat Indonesia sendiri baru mengenal ikan tersebut sejak beberapa tahun dan baru mengkonsumsinya. Namun kini, ikan toman sudah banyak dibudidayakan di daerah Kutai Kertanegara dan hasilnya sangat luar biasa.

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang membudidayakannya bisa lebih banyak dan berlipat ganda jika dibandingkan dengan hasil budidaya jenis ikan lainnya.

Perlu diketahui bahwa ikan toman memiliki kulit berwarna merah dan bergaris lateral oranye dan hitam, dengan warna dasar hitam. Setiap kali ikan tersebut bertumbuh maka akan mengalami penambahan warna yang berbeda seperti biru, hitam dan juga putih.

Budidaya Ikan Toman Dalam Akuarium

Budidaya ikan toman ini sebenarnya tidak terlalu sulit, karena ikan ini bisa bertahan pada tempat yang memiliki kadar oksigen rendah. Lihat juga cara budidaya ikan di lahan sempit

Kolam Untuk Budidaya Ikan Toman

Budidaya ikan toman sebenarnya bisa dilakukan di kolam terpal, akuarium, maupun di kolam, meskipun pada dasarnya ikan ini tergolong ikan hias yang biasa menghiasi akuarium. Berat ikan ini bisa mencapai 15 kg dan merupakan salah satu ikan buas dalam keluarga gabus. Dalam melakukan budidaya ikan toman, pastikan kolam dibuat dengan sangat aman karena ikan ini merupakan ikan predator.

Jenis Makanan Ikan Toman

Jenis makanan yang sangat cocok untuk dijadikan pakan ikan toman adalah ikan kecil atau katak. Dengan makanan ini, ikan toman dapat berkembangbiak dengan baik dan cepat tumbuh besar. Bandingkan cara budidaya ikan nila.

Ikan toman tergolong ikan yang kuat, sehingga bisa bertahan hidup di daratan seperti di atas lumpur. Ikan toma yang sukses dibudidayakan bisa laku terjual dengan nilai jual yang tinggi. Bayangkan saja, dalam satu kilonya ikan ini bisa terjual 50 hingga 60 ribu rupiah.

Budidaya ikan toman bisa juga dilakukan di dalam keramba asal mendapatkan cukup makanan. Keramba akan terasa lebih alami daripada terpal, sehingga ikan toman bisa hidup lebih bebas di sana. Pemberian pakan berupa ikan kecil secara rutin dan teratur akan sangat membantu ikan toman untuk tumbuh dengan baik dan cepat panen dengan berat yang cukup untuk di konsumsi.

Baca cara budidaya ikan mas koki di akuarium

Sebaiknya budidaya ikan toman dilakukan sejak bayi ,karena jauh lebih mudah dan memiliki harga yang relatif murah. Dalam kondisi masih kecil, ikan ini dijadikan ikan hias di akuarium. Sebab, beragam warna yang menarik pada kulit ikan ini menjadikannya terlihat sangat cantik dalam akuarium.

Demikian sedikit tips dalam budidaya ikan toman yang semoga saja memberikan tambahan wawasan untuk anda.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *